Kamis, 18 September 2014

SATU ( 1 ) OPM TEWAS, BAKU TEMBAK DI LANNY JAYA

JAYAPURA – Situasi keamanan di Kabupaten Lanny Jaya kembali terusik. Ini menyusul adanya aksi kontak senjata antara tim Ambush 751 dan gabungan Satgasban dengan kelompok TPN/OPM di bawah kepemimpinan Purom Wenda dan Enden Wanimbo di Kabupaten Lanny Jaya, makan korban. Satu anggota OPM dilaporkan tewas tertembak pada aksi baku tembak yang terjadi Rabu (17/9) siang sekitar pukul 12.30 WIT

Kontak senjata antara Tim Satgasban 751 yang dipimpin langsung oleh Lettu Joko dengan kelompok Purom Wenda dan Enden Wanimbo tersebut, terjadi di Distrik Pirime, Kabupaten Lanny Jaya, tepatnya di atas lapangan tebang Pet River Pirime.

Dalam kontak senjata, 1 OPM tewas tertembak dan satu berhasil dilumpuhkan, satu pucuk senjata Revolfer serta barang bukti lainnya berhasil disita. 

Mengenai kronologis penembakan itu berawal, ketika tim gabungan TNI-Polri dari satuan Satuan Yonif 756/WMS dan 751/R melaksanakan patroli rutin untuk melindungi masyarakat dalam gangguan keamanan yang dilakukan oleh kelompok OPM.

Ketika melintasi sekitar bandara Pirime tiba-tiba tim gabungan TNI-Polri ditembaki oleh kelompok OPM dan terjadilah kontak tembak di atas Bandara Pirime Kabupaten Lanny Jaya.
Dalam kontak tembak tersebut, tim gabungan TNI/Polri berhasil memukul mundur dan menguasai markas milik Puron Wenda dan Enden Wanimbo dan berhasil menembaki salah satu dari kelompok tewas tertembak dan satu orang mengalami luka tembak.

Selain melumpuhkan dua kelompok TPN OPM tersebut, TNI/Polri berhasil menyita 1 pucuk senjata jenis Revolfer, Amunisi, laptop, dua buah peti, panah dan sejumlah parang berhasil disita.

Sejak terjadi kontak senjata tersebut sampai sekarang situasi di Kabupaten Lanny Jaya aman dan kondusif. Namun kepada masyarakat yang berbeda paham agar menghentikan kegiatan dan stop untuk melakukan konflik.   Mari kita sama-sama bangun Papua dengan penuh rasa damai guna mewujudkan masyarakat Papua yang aman, damai dan sejahtera. (SP/99)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer