Rabu, 17 September 2014

PROFESIONAL MAHASISWA WUJUD BELA NEGARA



Pangdam XVII/Cenderawasih,  Mayjen TNI Drs. Christian Zebua, M.M. memberi pembekalan Bela Negara kepada Mahasiswa Universitas Musamus, Merauke, Papua. Selasa (16/9)

Dihadapan  ratusan Mahasiswa Universitas Musamus Pangdam menyampaikan profesionalisme mahasiswa dapat ditunjukkan dengan  berkarya sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari , hal tersebut merupakan salah satu wujud sikap bela negara. 

“Saat ini keberadaan prajurit Kodam XVII/Cendrawasih telah diterima dengan baik oleh masyarakat. Hal ini dilihat dari kerelaan warga melaporkan setiap kejadian kejadian yang mencurigakan. Ini merupakan salah satu sikap bela negara,” kata Pangdam.

Pangdam menegaskan, dalam urusan bela negara,  nilai-nilai dasar yang harus dipahami antara lain penghargaan etika dan moral, penghormatan Hak Hak Azasi Manusia (HAM), kedewasaan berdemokrasi, penghargaan terhadap kemajemukan, penghargaan terhadap persamaan kedudukan, supremasi hukum, pengembangan dan pembangunan serta penghormatan terhadap simbol simbol negara.

“Bila kita melaksanakan nilai nilai dasar bela negara maka masyarakat tidak akan terpengaruhi unsur separatis,” ujarnya.

 “Adik-adik mahasiswa, percayalah penegakan hukum terus berlangsung. Semua kembali pada kesadaran kita sendiri,” ujar Pangdam. 

Pangdam menjelaskan sebagai komandan tertinggi di Papua, dirinya melakukan pembinaan pada  prajuritnya agar lebih  profesional. Dia juga memberi keyakinan kepada rakyat bahwa prajurit adalah pelindung rakyat. Solusi dan pendekatan yang dilakukan kepada masyarakat ini  guna mencegah pengaruh separatisme.(SP/99)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer