Jumat, 20 Desember 2013

GUBERNUR PROVINSI PAPUA ANTUSIAS DENGAN BERGABUNGNYA SERATUS AKTIVIS OPM DALAM BINGKAI NKRI

Seratusan aktivis OPM turun gunungnya dan bergabung dengan masyarakat di Puncak Jaya. Hal ini disambut baik Pemerintah Provinsi Papuadan akan menggelontorkan dana ratusan milliar (Rp380 miliar) menyambut mereka, sebagai bentuk dan wujud rekonsiliasi.

”Pemerintah Provinsi sangat menyambut baik, kembalinya kelompok yang selama ini berseberangan ke tengah-tengah masyarakat, ini sebagai wujud nyata dari langkah-langkah yang diambil selama ini, baik oleh pemerintah kabupaten maupun provinsi,”ujar Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe. Untuk itu, guna memberdayakan serta melibatkan mereka dalam proses pembangunan yang sedang berlangsung, Pemerintah Provinsi akan menggelontorkan dana ratusan miliar.

“Dana senilai Rp38 Milliar sudah disiapkan guna menyambut mereka yang telah turun gunung. Menurut Gubernur dana yang digelontorkan, untuk membangun rekonsiliasi. “Dana diberikan dalam bentuk program, antara lain membangun perumahan yang layak dan melatih skil mereka dalam berbagai keahlian,”jelas Gubernur. Dan dana ratusan milliar itu, bukan saja hanya diperuntukkan bagi ratusan eks OPM yang ada di Puncak Jaya, tapi juga untuk daerah konflik lainnya.

“Kalau ada daerah lain yang berhasil merangkul kelompok yang berseberangan, Pemprov juga akan mengulurkan dana ke daerah itu,”singkatnya. Turunnya eks aktivis Papua Merdeka itu, lanjut Gubernur, selain upaya dari pemerintah yang terus membangun komunikasi dengan mereka, agar bersedia kembali ke tengah-tengah masyarakat, juga dilandasi kesadaran dari mereka sendiri.

“Semua berkat kesadaran mereka, bahwa perjuangan yang dilakukan selama ini sia-sia dan tak membuahkan hasil,”paparnya. Gubernur berharap, semua pihak tanpa terkecuali, menerima mereka kembali sebagai warga Indonesia. “Kita harus terima mereka sebagai WNI dan melibatkannya dalam proses pembangunan,”imbuhnya. Dari seratusan eks OPM yang turun gunung itu, ada diantara mereka yang meminta untuk sekolah, ada juga yang minta menjadi PNS.

“Mereka ingin diberdayakan, agar merasa sebagai bagian dari negeri ini,”tandasnya. Seratusan insan aktivis OPM pimpinan Goliat Tabuni dikabarkan kembali ke tengah-tengah masyarakat, setelah mereka merasa perjuangan yang dilakukan tidak menghasilkan sesuatu yang berarti. Dengan kesadaran sendiri, mereka kembali dan ingin ikut dalam proses pembangunan yang sedang berlangsung. Bahkan, menurut Bupati Puncak Jaya, diantara mereka ada yang sudah dijadikan Satpol PP dilingkungan Pemerintah Kabupaten. 

“Mereka adalah saudara-saudara kita yang sudah sadar, jadi kita juga harus memperlakukannya dengan baik dan memberdayakan,”imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer