Jumat, 03 Oktober 2014

Masyarakat Papua Jadikan Pancasila Sebagai Way of Life




Jayapura - Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia, yang juga merupakan rumusan dan pedoman hidup bagi seluruh bangsa Indonesia. Dari Pancasila muncul berbagai macam undang-undang dasar yang mengatur cara berkehidupan seluruh rakyat Indonesia. Dari dasar tersebutlah masyarakat Papua menegaskan bahwa Pancasila harus dijadikan way of life atau jalan hidup.

Pancasila berasal dari bahasa sansekerta, yaitu Panca berarti lima dan Sila berarti dasar.Lima dasar ini adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Masyarakat Papua sadar bahwa Pancasila adalah way of life, yang merupakan dasar bangsa Indonesia. Didalam Pancasila lengkap disebutkan dari Ketuhanan Yang Maha Esa, sampai Kesejahteraan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. 

Diharapkan kepada masyarakat yang berbeda paham dengan Pancasila harus sadar, karena Pancasila sudah teruji dalam berbagai kesempatan sejak kelahiran yang ditetapkan dan sampai kapan pun hingga ditahun-tahun mendatang.

Seluruh konsitusi Negara Indonesia dasarnya adalah Pancasila hingga menjabarkan seluruh undang-undang yang ada di Indonesia. Pancasila dijadikan acuan dan pradigma untuk menata bangsa Indonesia, seluruh elemen masyarakat di Tanah Papua melaksanakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila. 

Pancasila sudah teruji berkali-kali dan tetap eksis dan tetap kuat, Maka dari itulah Pancasila diyakini bahwa Pancasila itu sakti sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan jiwa Pancasila masyarakat Papua yakin dan percaya dapat menjaga tanah Papua tetap tegak dan utuh dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. (SP/99)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer