Selasa, 02 Desember 2014

HANYA WARNA MERAH PUTIH YANG BERLAKU DI TANAH PAPUA



Memasuki bulan Desember masyarakat Papua tidak lama lagi akan merayakan kemerdekaan, merdeka dalam kasih Yesus Kritus yaitu Natal. Natal tinggal menghitung hari, Natal merupakan hari raya umat kresten yang diperingati setiap tahun oleh umat kristiani yaitu pada tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kritus, tidak ada peringatan lain dibulan Desember di Papua.

Berbagai kegiatan menyambut datangnya bulan Natal digelar. Sepeti baru-baru ini di Sorong, Papua Barat diadakan bulan Natal dan lomba karnaval Santa Claus tahun 2014. Walikota Sorong Drs. Ec. Lamberthus Jitmau M.Si didampingi Wakil Walikota Sorong dr. Hj. Pahima Iskandar, Ketua Klasisi GKI Sorong Pdt. Andrikus Mofu, M.Th, Sekda Kota Sorong Ny. Dra Tigtig Weria dan pejabat setempat membunyikan sirene tanda kegiatan dimulai.

Masyarakat Papua sangat antusias mengikuti kegiatan, terbukti 120 peserta yang terlibat,  mendominasi dari Gereja-gereja, Instansi Pemerintahan, Swasta dan Kerukunan dari berbagai Suku dengan melakukan pawai Karnaval Santa Claus mengelelingi Kota Sorong. Berbagai ornamen yang bernuansa merah putih menghiasi kegiatan tersebut, mulai dari topi, pakaian dan jubah semua berwarna merah putih, warna merah putih di ambil dari Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Sang Merah Putih.

Bendera….

Bendera merupakan sarana pemersatu, identitas, dan wujud eksistensi bangsa yang menjadi simbol kedaulatan dan kehormatan negara sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia disebut Bendera Negara adalah Sang Merah Putih.

Pengaturan bendera bertujuan untuk:
a. memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik   Indonesia.
b. menjaga kehormatan yang menunjukkan kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
c. menciptakan ketertiban, kepastian, dan standardisasi penggunaan bendera.

Bendera Negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjang serta bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih yang kedua bagiannya berukuran sama.

Warna merah putih merupakan ciri kas Bangsa Indonesia, warna merah putih digunakan dalam berbagai kegiatan di Indonesia, baik kegiatan agama dan kegiatan lainnya. Bulan Desember khususnya bagi umat Kristiani merupakan bulan damai yang diaktualisasikan baik secara pribadi maupun banyak orang tanpa melihat suku, ras agama dan budaya. Yesus Kristus datang ke dunia ini dengan penuh kerendahan dan selalu menolong serta selalu menjaga umatnya demi keutuhan bangsa dan negara dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. (SP/99)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer