Rabu, 03 Desember 2014

APARAT KEAMANAN TEWAS DITANGAN KKB DI ILLAGA-PAPUA




Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah di wilayah Kabupaten Puncak, Papua pada hari Rabu, tanggal 03 Desember 2014 pagi sekitar pukul 09.00 WIT. Dua penjaga keamanan dari satuan Brigadir Mobil (Brimob) Detesemen A Polda Papua tewas tertembak, Aipda Thomson Siahaan dan Bripda Everson.

Kedua anggota Brimob yang ditugaskan membantu Polsek Ilaga, ditembak saat membantu mengantar dan mengangkat kursi untuk perayaan natal ke Gereja GKI Klasis Ibu Kota Ilaga, Kabupaten Puncak Jaya, tepat di depan Kantor Bupati Puncak. Awalnya kedua korban sedang membantu kegiatan gereja dengan mengangkat kursi-kursi dan tenda di gereja GKII. Saat menurunkan tenda di depan pintu gereja GKII, Ilaga Kabupaten Puncak, tiba-tiba datang sekelompok KKB dengang menggunakan senjata api langsung menembaki kedua korban hingga meninggal di tempat. Korban Aipda Thomson Siahaan tewas akibat terkena tembak di bagian kaki dan dada, sedangkan korban Bripda Everson terkena dibagian pelipis.

Pelaku penembakan terhadap kedua anggota Brimob di Ilaga, diduga berasal dari kelompok Yambi yang dipimpin Lekhakha Telenggen dan Tengahmati Telenggen. Selain menembaki kedua korban, pelaku yang diduga lebih dari 5 orang itu merampas dua pucuk senjata api jenis AK milik kedua korban, yang selanjutnya lari menuju hutan. Sejak kejadian anggota Polsek di bantu TNI berusaha mengejar para pelaku, namun belum berhasil ditangkap lantaran melarikan diri ke hutan.

Anggota DPRD Kabupaten Puncak Pelinus Balinal mengatakan, warga Puncak khususnya yang ada di Ilaga saat ini merasa ketakutan dan memilih mengungsi kesejumlah tempat yang aman, setelah aksi penembakan terhadap dua anggota Polisi terjadi. Pelinus Balinal meminta Polda Papua dan TNI turun tangan langsung ke lokasi guna menjaga situasi, karena warga sudah sangat ketakutan dan juga untuk mencegah jangan sampai meluas. Pelinus Balinal juga mengimbau kepada seluruh warga Puncak agar menjaga situasi tetap kondusif, dengan tidak melakukan aksi-aksi kekerasan.

Pasca tewasnya dua anggota Polisi setelah ditembak KKB, di Ilaga Kabupaten Puncak Papua, situasi mulai membaik, namun masyarakat masih merasa resah dan ketakutan, warga memilih mengungsi ke tempat yang dianggap aman. Aparat keamanan terus melakukan penyisiran guna mencari para pelaku. (Sp/99)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer