Kamis, 19 Juni 2014

Festival Danau Sentani (FDS) Bukti Terpeliharanya Persatuan, Kesatuan dan Tegaknya NKRI di Tanah Papua






Festival Danau Sentani (FDS) merupakan festival pariwisata tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2007 di sekitar Danau Sentani, di Pantai Kalkote Kampung Asei Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura.

Festival Danau Sentani diadakan pada pertengahan bulan Juni tiap tahunnya selama lima hari berturut, FDS tahun 2014 merupakan festival yang ke-VII, kegiatan ini dimulai pada 19-23 Juni 2014. Berbagai tarian-tarian adat mengisi festival ini seperti tarian perang khas Papua, tari Isolo, Gema Tifa Harmoni, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, melukis di atas kulit kayu dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

Sesuai tema FDS VII tahun 2014 ini yaitu “Budayaku Hidupku” ini menunjukan bukti terpeliharanya persatuan, kesatuan dalam bingkai NKRI di antara sesama suku, ras, agama serta menunjukkan jati diri masyarakat Papua khususnya masyarakat di Kabupaten Jayapura dalam meningkatkan seni budaya yang mereka miliki di setiap kampung dan suku yang ada. Nasionalime yang sangat kental terjalin di antara sesama, mengingat di Papua terdiri dari ratusan suku-suku kecil.

Seluruh peguyuban yang ada di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura serta dari luar Papua turut memeriahkan kegiatan FDS dengan menampilkan budaya tradisional, tari-tarian tradisional yang diiringi lagu daerah.

Papua yang memiliki berbagai macam kesenian dan kebudayaan serta keindahan alam yang mempesona dapat dijadikan daya tarik dalam mengembangkan pariwisata sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat di tanah Papua. Diharapkan sebagai anak bangsa dapat menjaga dan melestarikan kesenian dan kebudayaan yang ada di Papua agar tidak punah dan hilang karena dimakan oleh jaman atau karena di klaim oleh Negara lain. Cintailah kesenian dan kebudayaan yang ada di Indonesia untuk generasi selanjutnya. (SP/99)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer